Laman

Om Swastyastu, selamat datang di blog KMH Vidya Dharma Putra Ganesha - ITB :: Hubungi Kami di kmhitb@gmail.com

30 April 2010

Pelatihan Mekidung untuk Anggota KMH ITB

[KMH ITB], Bandung. Om Swastyastu,

KMH Vidya Dharma Putra Ganesha ITB baru-baru ini mengadakan acara pelatihan mekidung bagi seluruh anggota KMH ITB. Dalam pelatihan mekidung ini, KMH mengundang Ibu Endang selaku Ketua WHDI Cimahi untuk memberikan pembekalan kepada anggota KMH ITB tidak hanya mengenai bagaimana mekidung yang baik, tetapi juga memberikan kami semua bekal bagaimana kita sebagai umat Hindu seharusnya bersikap. Selain itu beliau juga memberikan motivasi kepada kita para mahasiswa untuk kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Ida Sang Hyang Widhi di tengah jadwal kuliah dan kegiatan yang padat.

Pelatihan mekidung dilaksanakan pada hari Jumat, 9 April 2010 bertempat di ruang 9016 gedung Oktagon ITB. Pelatihan mekidung tersebut berlangsung selama dua jam, mulai pada pukul 11.00 sampai dengan 13.00. Meskipun hanya dua jam, pelatihan tersebut memberikan banyak hal kepada kami yang hadir pada pelatihan tersebut.

Sebagai pembukaan, Ibu Endang menceritakan pengalaman hidupnya, bagaimana ia mulai memeluk Agama Hindu (Ibu Endang memeluk Agama Hindu baru setelah ia menikah dengan suaminya), bagaimana ia berusaha keras untuk ‘mempelajari’ Agama Hindu dan bagaimana ia merasakan kuasa Ida Sang Hyang Widhi yang selalu memberikan kemudahan dalam setiap masalah yang ia hadapi. Dari cerita-cerita beliau tersebut, beliau ingin menyampaikan pesan kepada kita untuk selalu ‘dekat’ dengan Ida Sang Hyang Widhi dengan cara lebih rajin sembahyang, dan berusaha memahami ajaran weda.

Setelah itu, beliau juga bercerita tentang makna dari mekidung dan cara mekidung yang baik. Beliau juga mencontohkan beberapa kidung, seperti: kidung pamendak, penghayatan wargasari, dan kidung turun tirta.

Sebelum pulang, Ibu Endang memberikan buku panduan untuk doa sehari-hari kepada anggota KMH ITB. Jika ada teman-teman anggota KMH ITB yang ingin memiliki buku tersebut, buku tersebut ada di sekretariat KMH ITB dan dapat diperbanyak. Besar harapan kami sebagai anggota KMH ITB untuk dapat ngayah mekidung pada saat Purnama atau pada saat piodalan di pura-pura, untuk itu acara pelatihan mekidung ini terasa sangat bermanfaat bagi kami.
(Ratih)

Om Santi, Santi, Santi Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar