Laman

Om Swastyastu, selamat datang di blog KMH Vidya Dharma Putra Ganesha - ITB :: Hubungi Kami di kmhitb@gmail.com

25 Juli 2008

Meramal watak lewat weton/wariga - versi Hindu

[...],Bandung. Om Swastyastu, temen2 mungkin pernah melihat iklan content hp di tv tentang 'meramal nasib lewat weton' atau 'mengetahui watak orang dari weton'. Ternyata budaya weton juga ada dalam agama Hindu yang disebut dengan wariga.

Temen2 yang tinggal di Bali, atau yang orangtuanya 'asli' Bali mungkin pernah mendengar tentang wariga ini. Wariga didasarkan atas perhitungan kalender bali, yang terdiri atas ekawara(1), dwiwara(2), triwara(3), ... , sangawara(9), dasawara(0), lintang, watek, dll. Saat ini pada kalender bali perhitungan2 itu masih digunakan, akan tetapi yang dilihat umumnya pancawara(5) dan saptawara(7). Uniknya, dibandingkan kalender-kalender lain yang menggunakan peredaran benda langit sebagai dasar perhitungan (contoh: matahari pada kalender masehi, bulan pada kalender islam), kalender bali tidak menggunakan benda langit apa pun dalam perhitungannya.

Tiap komunitas di dunia pada dasarnya memiliki kalender sendiri-sendiri. Akan tetapi yang digunakan secara internasional adalah kalender masehi. Tujuan adanya kalender itu sendiri ada bermacam-macam, biasanya tujuan itu mengacu pada komunitas yang mengikuti kalender tersebut. Kalender bali, selain menunjukkan waktu dan pergantian musim, juga sering digunakan untuk menunjukkan hari baik serta sifat orang yang lahir.

Ya, seperti iklan content hp di tv itu, kita juga bisa meramal watak kita atau teman2 kita dari hari lahirnya menurut kalender bali. Tetapi yang jadi masalah, kapan kamu lahir klo menurut kalender bali? Nah lho >.< .. Bisa sih dicari klo mau ngitung dari tahun skr, silakan dicoba :P. Sebenernya ada cara yang lebih mudah. Dengan teknologi komputerisasi, perhitungan itu dikerjakan oleh komputer sehingga dari tanggal lahir kita pada kalender masehi, dapat diketahui hari lahir kita menurut kalender bali. Programnya dapat dilihat di babadbali.com atau klik di sini.

Selamat mencoba.
Om Santi3x Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar